Profil D3 Kebidanan

Program Studi DIII Kebidanan
Gambaran Umum

Tenaga Bidan adalah tenaga medis terdidik yang mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan standar kesehatan masyarakat, khususnya Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Peran bidan sebagai penasehat, konsultan sekaligus praktisi dalam penanganan ibu hamil sampai persalinan menjadikannya sebagai salah satu ujung tombak penekanan angka kematian ibu melahirkan dan atau bayi yang baru dilahirkan. Untuk dapat berperan profesional seorang bidan harus mendapatkan bekal pendidikan yang komprehensif, baik dalam hal teori dan utamanya dalam praktek. Selain di laboratorium, praktek juga dilakukan di rumah sakit dan rumah bersalin di wilayah Kabupaten Cilacap dan sekitarnya yang telah menjalin kemitraan dengan STIKES Serulingmas Cilacap.

Untuk lebih meningkatkan ketrampilan praktis, kegiatan praktek dilakukan mulai semester II sampai semester Akhir. Sebagai jaminan kualitas, sebelum diterjunkan ke lapangan, siswa praktek diharuskan lulus ujian skill lab dengan metode OSCA.

Visi

Terwujudnya Program Studi DIII Kebidanan yang profesional dan unggul dibidan komunitas  dan kegawadaruratan di tahun 2024.

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan DIII Kebidanan yang profesional dan unggul pada kebidanan komunitas dan kegawadaruratan maternal neonatal sesuai dengan perkembangan IPTEKS.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian yang berkualitas serta mengaplikasikannya untuk mendukung kesejahteraan masyarakat
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan hasil pendidikan dan penelitian di bidang kesehatan untuk mendukung kesejahteraan masyarakat
  4. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah, swasta dan organisasi profesi dalam menyelenggarakan pendidikan,penelitian, pengabdian kepada masyarakat.
  5. Melaksanakan sistem penjaminan mutu internal secara berkesinambungan dan menyeluruh pada semua bidang atau unit
Prospek Lulusan

Peluang kerja sebagai tenaga bidan yang terdidik mandiri sangat luas. Pemerintah menetapkan bahwa setiap desa di Indonesia, setidaknya harus mempunyai seorang bidan. Disamping itu, seorang bidan juga bisa bekerja di berbagai institusi, misalnya:

  1. Rumah Sakit Umum Negeri maupun Swasta
  2. Rumah Sakit Ibu dan Anak
  3. Rumah Bersalin
  4. Puskesmas
  5. Tenaga Pendidik (dosen)
  6. Dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu D4, S1 Profesi Bidan dan S2 Kebidanan.

Klik DAFTAR untuk menjadi calon mahasiswa Prodi DIII Kebidanan di STIKES Serulingmas Cilacap