Capping Day Angkatan Ke-26 Stikes Serulingmas Cilacap, Ciptakan Tenaga Profesional

CILACAP – Bertempat di Gedung Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Serulingmas Cilacap yang diselenggarakan oleh Yayasan Paguwarmas, Rabu (30/6/2021). Prodi D3 Keperawatan dan D3 Kebidanan STIKES Serulingmas Cilacap melakukan ucap janji dan pemasangan kap profesi mahasiswa tahun ajaran 2020/2021 secara virtual, dan mengangkat tema “Peran dan Tantangan Pendidikan Tinggi kesehatan pada Era Pandemi“.

Pemasangan kap dan ucap janji ini merupakan mahasiswa khususnya Prodi D3 Keperawatan dan D3 Kebidanan sebagai mahasiswa Perawat dan Bidan, mereka sudah melalui Proses Belajar Mengajar (PBM), baik secara teori pengalaman belajar klinik maupun pengalaman belajar lapangan.

Pemasangan kap profesi ini diikuti oleh mahasiswa keperawatan dan mahasiswa kebidanan. Pemasangan dilakukan secara simbolis oleh Waket I Bidang akademik Stikes Serulingmas.

Ketua Stikes Serulingmas yang di wakili oleh Waket I Bidang Akademik Stikes Serulingmas Cilacap Norif Didik Nur Imanah, S.Si.T.,M. Keb., dalam sambutannya berharap dengan pemasangan kap ini mahasiswa menyadari tugas sesungghuhnya di dunia kesehatan, mempraktekkan teori yang sudah didapat di bangku kuliah. Belajar menggunakan alat2 yang mungkin tidak ada di kampus tetapi sudah banyak digunakan di rumah sakit. Bergaul dengan pasien yang memerlukan dedikasi tinggi sehingga menyenangkan, membuat motivasi untuk sembuh.

Ucap janji ini bukan hanya sekedar suatu momen akademis, namun Mahasiswa sudah mulai memasuki dunia keperawatan yang sesungguhnya, memahami tugas, peran dan fungsi perawat, menyadari dan memahami tanggungjawab profesi perawat.” lebih lanjut ketua stikes berpesan:” jadilah perawat profesional sebagai tonggak pertama bagi mahasiswa suatu profesi yang mulia untuk merawat, melayani dan memenuhi kebutuhan pasien.Untuk melayani dan merawat pasien tidak cukup hanya pintar dan terampil saja tetapi harus memiliki etika dan budi pekerti yang baik disaat memberikan pelayanan, selalu menjaga kesopanan, bertutur kata yang santun, menghormati pasien, empati dan peka akan kebutuhan pasien, serta memiliki kepedulian,kesabaran, dan dedikasi yang tinggi.” Ujarnya.

Dalam kegiatan ini, sekaligus pemberian beasiswa dari Stikes Serulingmas kepada mahasiswa berprestasi. Serta adanya kuliah pakar dengan tema”Peran pendidikan tinggi kesehatan menghadapi pandemi Covid-19″ dengan pembicara Prof. Dr. Johanes Basuki, M.Psi dan Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc (Mantan Rektor IPB) mengusung tema “Tantangan Pendidikan Tinggi Abad 21

STIKES Serulingmas mempunyai prodi D3 Keperawatan, D3 kebidanan dan S1 Farmasi. Membuka pendaftaran sampai 31 Agustus 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *